Stroberi Baik Bagi Kapasitas Antioksidan Darah

Granada - Setiap hari sekelompok sukarelawan harus menghabiskan setengah kilogram stroberi selama dua pekan untuk mendemonstrasikan bahwa mengkonsumsi buah itu dapat meningkatkan kapasitas antioksidan darah. Studi yang dilakukan oleh peneliti Italia dan Spanyol tersebut memperlihatkan bahwa stroberi mempercepat respons sel darah merah terhadap stres oksidatif, ketidakseimbangan yang diasosiasikan dengan berbagai penyakit. 


Para ilmuwan berulang kali mencoba mengkonfirmasi kapasitas stroberi menggunakan eksperimen laboratoriumin vitro. Kini sebuah tim peneliti dari Marche Polytechnic University di Italia dan University of Granada di Spanyol menunjukkan efek itu secara in vivo, dalam studi terhadap sukarelawan manusia. Studi itu dilaporkan dalam jurnal Food Chemistry.



Setiap hari peneliti memberi 500 gram stroberi kepada 12 sukarelawan bertubuh sehat dan mengambil sampel darah pada hari keempat, kedelapan, ke-12, dan ke-16, serta satu bulan kemudian. Hasilnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah itu secara reguler dapat memperbaiki kapasitas antioksidan plasma darah dan resistansi sel darah merah terhadap hemolisis oksidatif. 



"Kami memperlihatkan bahwa beberapa varietas stroberi membuat eritrosit lebih resistan terhadap stres oksidatif," kata Maurizio Battino, peneliti utama studi dari Marche Polytechnic University. 



Tim itu kini tengah menganalisis variasi yang dihasilkan dengan mengkonsumsi stroberi dalam jumlah lebih sedikit, antara 150 gram dan 200 gram per hari. "Stroberi seharusnya menjadi bagian dari pola makan sehat dan seimbang," katanya. 



Stroberi mengandung banyak senyawa fenolik, seperti flavonoid, yang memiliki manfaat antioksidan. "Beragam varietas stroberi juga tengah dianalisis di laboratorium, karena kandungan dan proporsi antioksidannya berbeda," kata José Luis Quiles, peneliti dari Spanyol.


Tempointerkatif.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit