HIjamah / Bekam / Cupping Therapy

Bekam atau Al-hijamah adalah salah satu metode pengobatan (hadits sahih bukhari muslim) dalam Islam yang disunnahkan oleh Rasulullah, Nabi Muhammad saw. Sebagaimana diriwayatkan Said bin Jubair berkata dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw bersabda dalam
”Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara : Pertama, minum madu. Kedua, dengan pembekaman. Ketiga, dengan besi panas, dan aku tidak menganjurkan umatku melakukan pengobatan dengan besi panas”.


Bekam merupakan istilah yang dikenal dalam bahasa indonesia. Bangsa arab mengenalnya sebagai Al-Hijamah, dalam bahasa inggris dikenal sebagai cupping therapy, masyarakat cina mengenalnya sebagai terapi gua-sha, sedangkan orang Indonesia juga mengenalnya sebagai cantuk atau kop.
Kita sebagai umat Islam yang mengaku mengikuti seluruh sunnah Rasulullah SAW, sudah sepantasnya kita membudayakan pengobatan bekam sebagai salah satu cara mengobati berbagai penyakit dalam rangka untuk mencari kesembuhan atas penyakit yang kita alami. Hal ini didasarkan bahwa cara pengobatan bekam ini sudah Allah tunjukkan kepada umat manusia melalui perantaraan utusanNya Rasulullah saw dan para sahabatnya, sebagaimana Allah berfirman,

”Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mu’min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya dia telah sesat, sesat yang nyata”. (Al-Ahzab:36).

Khasiat Bekam
Sudah banyak penelitian maupun percobaan yang membuktikan bahwa terapi bekam dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Pembuktian ini juga disebarkan dari mulut-ke mulut pasien yang sudah berlama-lama berobat dengan medis saja namun tak kunjung membaik, ketika dibekam beberapa kali ternyata menunjukkan perbaikan kesembuhan yang signifikan. Disinilah yang menjadikan bekam ini bukan saja sunnah rasul, melainkan memang mukjizat medis yang luar biasa. Tanpa obat, terapi bekam mampu merangsang tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.
caranabi.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit